Senin, 26 Januari 2009

Menulis Cerpen

Langkah-Langkah Menulis Cerpen

Sebuah cerpen ditulis dengan langkah-langkah seperti berikut.

1. Mengadakan observasi atau pengamatan

Observasi dapat dilakukan dengan mengadakan pengamatan secara langsung. Selain itu, observasi dapat dilakukan dengan mengingat atau mendengarkan kejadian yang dilakukan orang lain.

Contoh:

Teman Anda menceritakan peristiwa yang terjadi di pegunungan saat ia berlibur. Pegunungan itu dapat dijadikan latar tempat dalam cerpen Anda.

2. Menentukan tema

Tema cerpen sering disebut ide cerpen. Tema dapat Anda tentukan dari hasil observasi yang telah dilakukan, misalnya kehidupan di pegunungan.

3. Menentukan latar

Seluruh hasil observasi yang telah dilakukan dapat Anda gunakan untuk menciptakan latar. Latar yang Anda buat harus sesuai dengan tema yang Anda tentukan. Anda juga harus ingat bahwa latar terdiri atas latar tempat, latar waktu, dan latar suasana.

Contoh:

latar tempat : di pegunungan

latar waktu : senja hari

latar suasana: menyenangkan

4. Menciptakan tokoh

Anda dapat menciptakan tokoh dari orang-orang yang diceritakan oleh teman Anda atau orang-orang yang mengalami peristiwa yang Anda lihat. Anda dapat mengganti nama tokohnya. Anda harus menentukan tokoh utama dalam cerpen yang akan Anda buat. Jangan lupa, Anda juga harus menentukan watak dan bentuk fisik tokoh-tokoh yang Anda ciptakan.

Contoh:

Tokoh utama: Ida

Ida seorang siswa SMA yang peduli dengan lingkungan. Ia seorang wanita yang berumur tujuh belas tahun yang berambut panjang dan lurus. Kulitnya yang putih dan halus menambah kecantikannya.

5. Menciptakan konflik

Konflik adalah pertentangan atau ketegangan dalam sebuah cerpen. Konflik dapat mengangkat masalah yang terjadi dalam peristiwa yang diceritakan teman Anda atau masalah yang terjadi dalam peristiwa yang Anda lihat. Misalnya, Anda melihat pertengkaran antaranak. Anda dapat mengangkat penyebab pertengkaran itu menjadi sebuah konflik dalam cerpen.

6. Menentukan sudut pandang

Sudut pandang yang akan Anda gunakan harus sesuai dengan cara Anda menceritakan tokoh utama. Pada pelajaran kali ini Anda akan menggunakan sudut pandang orang ketiga. Sebutlah nama tokoh cerpen yang Anda tulis dengan kata ganti ”ia”, ”dia”, atau nama orang.

7. Menentukan alur

Anda harus menentukan alur untuk mempermudah menuliskan cerita ke dalam cerpen. Anda akan menggunakan alur maju, alur mundur ataukah alur campuran.

8. Menulis cerpen

Kembangkanlah tema yang telah Anda tentukan menjadi sebuah cerpen. Cerpen yang Anda tulis harus memuat latar, tokoh, konflik, sudut pandang, dan alur yang telah Anda tentukan. Gunakanlah katakata sederhana dan komunikatif. Perhatikan pula ejaan dan pilihan kata yang Anda gunakan.

9. Menentukan judul

Judul dapat Anda tentukan saat akan menulis atau sesudah menulis. Judul cerpen harus sesuai dengan tema dan cerita cerpen.

Contoh:

Tema cerpen: Kehidupan di pegunungan

Judul cerpen : Senja di Pegunungan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar